Tuesday, December 20, 2011

Solusi Perawatan Kulit Kombinasi


Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang umum dimana pemiliknya harus menghadapi kulit kering maupun berminyak. Area dagu, tengah dahi, dan juga bagian pipi, semuanya memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak daripada bagian lainnya dari wajah, dan oleh sebab itu akan cenderung lebih berminyak dan mungkin akan lebih sering berjerawat dibandingkan area-area lainnya. Pada saat yang bersamaan, area wajah yang kekurangan kelenjar minyak dapat mengering dan bersisik. Masalah timbul ketika Anda berusaha untuk memberi kulit kombinasi perawatan dengan menggabungkannya seolah-olah kulit tersebut merupakan satu jenis kulit saja. Banyak bahan-bahan yang cocok untuk bagian T (bagian sepanjang dahi turun ke bagian hidung dimana kebanyakan kelenjar minyak aktif pada wajah kebanyakan terletak) tidak akan membantu area-area seperti di pipi, mata, atau pun dagu yang lebih kering, begitu pula sebaliknya. Seringkali dibutuhkan produk-produk yang terpisah untuk menghadapi jenis kulit yang berbeda-beda di wajah Anda. Penyebabnya adalah, jenis kulit yang berbeda, walaupun pada satu wajah yang sama, harus diperlakukan secara berbeda untuk membuatnya terasa dan terlihat lebih baik. Setelah Anda menerima hal ini dan menyesuaikannya dengan rutinitas Anda, kulit kombinasi dapat dibuat menjadi seimbang, paling tidak sampai dimana produk yang tepat mengizinkan! Pada kenyataannya, "seimbang" merupakan kata kunci yang harus diingat ketika berhadapan dengan kulit kombinasi. Sasarannya adalah untuk memberikan kulit Anda baik yang berminyak maupun yang kering dengan produk yang tepat dengan kebutuhan spesifik untuk jenis-jenis kulit tersebut. 

Aturan mendasar untuk semua jenis kulit dimana harus memperlakukan kulit secara lembut juga berlaku disini, bahkan mungkin harus lebih lembut lagi. Menggunakan produk perawatan wajah yang terlalu kasar atau mengiritasi kulit pada area-area yang lebih kering hanya akan memperburuk kondisi alamiah kulit kombinasi. Produk-produk tersebut akan membuat area yang kering menjadi semakin kering serta menciptakan penampakan permukaan yang kasar dan memerah pada area yang lebih berminyak. Di samping itu, memperlakukan kulit dengan kasar tidak akan memperbaiki ataupun meningkatkan kondisi kulit berminyak dalam cara apapun. Karena kulit kombinasi harus dilihat dan diperlakukan sebagai jenis kulit yang berbeda, saya telah membagi rencana untuk memeranginya menjadi tiga tahap berkelanjutan. Bagian pertama berisi daftar petunjuk umum untuk kulit kombinasi, bagian kedua adalah cara untuk merawat area yang berminyak, dan bagian ketiga memberikan protokol dalam merawat area kulit wajah Anda yang normal cenderung kering (dan pada beberapa kasus, sangat kering). Di sini diikutsertakan juga catatan khusus untuk berhadapan dengan kulit kombinasi yang juga mengalami blemish (kemerahan) atau blackheads (komedo) baik pada area kulit yang berminyak ataupun yang normal cenderung kering.

Petunjuk Umum untuk Kulit Kombinasi
  • Cuci wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang lembut dan dapat larut dengan air yang tidak akan membuat kulit terasa kencang atau kering. Kebanyakan kulit kombinasi cocok dengan pembersih yang berbahan dasar air atau pembersih yang berbusa lembut.
  • Hindari sabun atau pembersih batangan jenis apapun, tak peduli seberapa pembersih tersebut dinyatakan lembut ataupun tanpa residu. Bahan-bahan pembuat pembersih ataupun sabun batangan tetap berbentuk batang dapat menyumbat pori-pori, dan bahan yang ada pada pembersih batangan akan selalu jauh lebih mengeringkan.
  • Bila Anda cenderung memilih menggunakan toner, Anda dapat menggunakannya ke seluruh wajah Anda bila toner tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang membuat bagian kulit yang berminyak terasa licin ataupun lengket. Toner berbahan dasar air dan gliserin merupakan toner yang ideal, tetapi pastikan toner tersebut juga mengandung banyak antioksidan, bahan-bahan pengikat air, dan bila dapat diterapkan, bahan-bahan yang cell-communicating (dapat berkomunikasi dengan sel).
  • Tabir surya harus digunakan setiap hari sepanjang tahun. Pastikan tabir surya tersebut mengandung salah satu dari bahan-bahan pelindung dari UVA berikut ini: titanium dioxide, zinc oxide, atau avobenzone. Foundation dan pressed powder yang mengandung tabir surya sangat tepat bagi jenis kulit kombinasi untuk menghindari perlunya menggunakan pelembab dan tabir surya di seluruh wajah.
  • Kelupas dan perbarui kulit dengan menggunakan produk-produk yang mengandung Beta Hydroxyl Acid (BHA/salicylic acid) secara teratur. BHA tidak hanya mengelupas permukaan kulit, tetapi juga mengelupas bagian dalam pori-pori untuk memperbaiki bentuk dan fungsinya.
  • Rawatlah area wajah yang kering (termasuk area mata) dengan menggunakan pelembab yang mengandung antioksidan, bahan-bahan pengikat air, dan bahan-bahan yang menyerupai struktur dan fungsi kulit yang sehat. Penggunaan bahan-bahan teknologi paling mutakhir tersebut dapat memperbaiki kondisi kulit kering. Pastikan produk yang Anda beli dikemas dalam wadah yang kedap udara dan padat (tidak menggunakan toples) untuk menjaga antioksidan tersebut tetap stabil.
  • Jika yang Anda cemaskan adalah kerusakan kulit akibat sinar matahari atau timbulnya kerutan di wajah (kebanyakan orang jarang menghindari dan melindungi kulit mereka dari sinar matahari), gunakanlah produk yang mengandung tretinoin (Retin-A, Renova, Avita, dll.) ke dalam rutinitas malam hari Anda. Tretinoin merupakan bahan yang cell-communicating, yang dapat menciptakan sel-sel baru yang sehat. Produk-produk yang diresepkan ini tersedia dalam berbagai bahan dasar sehingga Anda dapat memilih tekstur (gel, cream, lotion) yang paling tepat untuk kulit Anda.

No comments:

Post a Comment