Tuesday, December 20, 2011

Solusi Perawatan Kulit Keriput


Rencana dibawah ini dirancang untuk meningkatkan keseluruhan penampilan kulit Anda dengan memberikan bahan-bahan yang lembut, efektif dan melindungi yang telah mempunyai terbukti dapat membantu kulit keriput terlihat dan terasa lebih baik. Memberikan hasil seperti itu ke kulit setiap hari akan meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit, mendorong produksi kolagen, dan membantu menghasilkan sel kulit yang sehat, yang berarti keriput dapat berkurang! Perhatikan bahwa saya tidak menulis " dihilangkan." Sangatlah disesalkan memang bahwa tidak ada ramuan ajaib atau kombinasi produk pada kisaran harga berapapun yang dapat benar-benar membuat keriput menghilang. Keriput yang Anda lihat dan Anda sesalkan (jangan salah mengartikan garis-garis halus di wajah Anda akibat kekeringan sebagai keriput-garis ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan menggunakan pelembab yang baik) adalah hasil dari kerusakan akibat terkena matahari terus-menerus dan kerusakan struktur pendukung kulit alami yang tidak dapat dihindari. Bahan-bahan perawatan kulit, dengan merk apapun atau yang memberikan pernyataan apapun, tidak dapat menggantikan apa yang dapat dilakukan oleh ahli bedah plastik atau dermatologis kosmetik.
Rencana langkah demi langkah berikut ini dibuat berdasarkan pada apa yang dibutuhkan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri dan berfungsi secara optimal:
  • Tabir surya canggih yang memiliki formula melebihi perlindungan tabir surya biasa. Pertahanan terbaik dan yang paling penting melawan keriput adalah dengan setiap hari menggunakan tabir surya yang berformula baik dengan tingkat SPF 15 atau lebih tinggi. Penggunaan tabir surya setiap hari (baik pada pelembab ataupun alas bedak) sangatlah penting untuk mencegah keriput baru dan menjaga garis-garis keriput yang telah ada agar tidak semakin dalam setiap tahun. Dengan mengabaikan prinsip dasar ini dan lebih berfokus pada penyataan anti-penuaan (yang mana, jika tidak melibatkan tabir surya, tidak perlu dibuktikan keefektifannya) adalah sama saja dengan memberikan undangan terbuka untuk datangnya lebih banyak keriput, belang pada kulit dan juga potensi kanker kulit. Dasarnya adalah untuk mencari produk yang mempunyai tingkat SPF 15 atau lebih tinggi, dan memastikan bahwa produk tersebut memiliki satu dari bahan-bahan yang terdaftar sebagai bahan aktif untuk memastikan perlindungan cukup dari sinar UVA: avobenzone (juga dikenal sebagai Parsol 1789 atau butyl methoxydibenzoylmethane), titanium dioxide, atau zinc oxide. Diluar Amerika Serikat, Mexoryl SX dan Tinosorb adalah bahan-bahan efektif untuk melindungi dari UVA. Selain itu,sangatlah menguntungkan jika tabir surya yang Anda pilih juga mengandung antioksidan, anti-iritasi, bahan-bahan yang mangaktifkan sel dan bahan-bahan yang meniru struktur dan fungsi kulit yang sehat. Sejumlah besar penelitian ilmuwan adalah untuk membuktikan bagaimana antioksidan tidak hanya meningkatkan keefektifan tabir surya akan tetapi juga berperan penting mengurangi radikal bebas dan terbakarnya kulit akibat terkena sinar matahari. Tabir surya mutakhir mengandung tidak hanya bahan-bahan yang efektif melindungi terhadap UVA akan tetapi juga mengandung antioksidan dan bahan-bahan lain yang membantu kulit terlihat dan terasa lebih baik. Pendek kata, untuk keuntungan dan perbaikan optimal, tabir surya Anda perlu lebih dari sekedar menolak sinar ultraviolet; namun juga harus bekerja pada tingkat sel untuk mencegah kerusakan. (Sumber: Journal of the American Academy of Dermatology, Juni 2005, halaman 937-958; Photodermatology, Photoimmunology, and Photomedicine, Agustus 2004, halaman 200-204; dan Cutis, September 2003, halaman 11-15.)
  • Retin-A, Renova, Avita (nama obat tretinoin) dan Tazorac (nama obat tazarotene), yang diresepkan oleh dokter atau dermatologis Anda, masih merupakan standar emas diantara produk topikal yang diresepkan untuk meningkatkan penampilan dari kulit yang rusak akibat matahari (keriput dan belang). Tretinoin memiliki kemampuan untuk mengembalikan produksi sel kulit abnormal kembali ke suatu tingkatan yang normal-bayangkan bahan ini seperti guru dari bahan pengaktif sel. Hasilnya pada kebanyakan kasus adalah peningkatan produksi kolagen kulit, yang akan membuat kulit lebih mulus dan menghasilkan sedikit (tetapi terlihat) pengurangan pada kedalaman dan penampilan keriput; Tazarotene dipercaya bekerja dengan cara yang sama dengan tretinoin (Sumber: Cutis, Februari 2005, halaman 10-13; Mechanisms of Ageing and Development, Juli 2004, halaman 465-473; dan Dermatologic Surgery, Juni 2004, halaman 864-866).
  • Produk AHA atau BHA yang efektif. Satu akibat signifikan dari kerusakan yang diakibatkan sinar matahari adalah lapisan luar kulit menjadi tebal, belang, kasar dan tidak rata. Cara terbaik untuk membantu kulit menyingkirkan lapisan abnormal kulit yang mati dan tidak sehat adalah dengan menggunakan produk alpha hydroxyl acid (AHA) atau beta hydroxyl acid (BHA) yang diformulasi dengan baik. Exfoliant ini tidak hanya akan meratakan warna kulit akan tetapi menghasilkan peningkatan signifikan pada tekstur kulit. Keuntungan lain adalah dengan menyingkirkan lapisan yang terakumulasi dari sel kulit mati maka akan membantu produk-produk lain yang Anda gunakan, terutama pelembab, lebih mudah meresap ke kulit dan menjadi lebih efektif. Bentuk AHA yang paling sering diteliti adalah glycolic atau lactic acids. Salicylic acid adalah satu-satunya pilihan BHA. Untuk AHA, carilah produk yang mengandung setidaknya 5% AHA, akan tetapi lebih baik kalau 8-10%. Jika presentasenya tidak disebutkan pada tabel, maka bahan tersebut seharusnya berada paling atas pada daftar bahan. Untuk produk BHA, tersedia konsentrasi 0.5% sampai 2%.

    Perbedaan dalam hal konsentrasi antara AHA dan BHA tidaklah bersifat kualitatif. AHA tidaklah lebih efektif atau lebih baik dari BHA hanya karena peningkatan konsentrasi yang satu lebih dibandingkan dengan yang lain. Melainkan, AHA yang digunakan setiap hari dan tidak perlu dibilas akan efektif pada tingkatan 5% sampai 10% dan BHA pada 1% sampai 2%. (Sumber: Women's Health In Primary Care, Juli 2003, halaman 333-339; Journal of Dermatological Treatment, April 2004, halaman 88-93; Dermatology, Januari 1999; halaman 50-53; dan Journal of the American Academy of Dermatology, April 1997, halaman 589-593). Terdapat banyak contoh dalam bidang perawatan kulit dimana persentase dari suatu bahan tidaklah mewakili superioritas bahan tersebut.

    Jika Anda sedang melawan keriput atau noda yang membandel atau bincil hitam, BHA adalah pilihan yang lebih baik karena salicyc acid dapat juga meningkatkan bentuk pori-pori. Entah Anda memilih produk AHA atau BHA, sangatlah penting diperhatikan bahwa pH dari produk yang Anda pilih adalah antara 3 sampai 4. Jangkauan ini penting untuk memastikan kedua jenis bahan dapat menyingkirkan kulit mati. Anda dapat menemukan produk dengan pH yang lebih rendah dari 3, akan tetapi jenis ini cenderung terlalu mengiritasi semua jenis kulit, yang mana membuat semua keuntungan yang dihasilkan mereka percuma. (ketika saya membuat penilaian untuk perawatan kulit dengan AHA atau BHA, pH selalu dites untuk memastikan produk tersebut benar-benar dapat meng-exfoliate kulit.) (Sumber: Plastic and Reconstructive Surgery, April 2005, halaman 1156-1162; Dermatologic Surgery, February 2005, halaman 149-154; dan Experimental Dermatology, Desember 2003, halaman 57-63.)
  • Produk yang mencerahkan kulit dan berdasarkan Hydroquinone. Jika terjadi belang pada kulit yang disebabkan oleh matahari ataupun hormon, diperlukan suatu produk pencerah kulit. Carilah produk dengan tekstur yang Anda inginkan (krim, lotion, gel) yang mengandung hydroquinone sebanyak 1% atau 2 %. Banyak sekali hasil penelitian yang menujukkan bahwa bahan ini aman dan efektif dalam meningkatkan penampilan belang coklat pada kulit dengan mendorong produksi melanin. Hydroquinone juga tersedia dalam konsentrasi yang lebih tinggi dengan menggunakan resep (sebagai contoh adalah TriLuma, yang mengkombinasikan 4% hydroquinone dengan tretinoin dan corticosteroid). Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan produk pencerah kulit yang juga mengandung glycolic atau salicylic acid kerena pengelupas kulit ini dapat mempercepat hasil yang Anda inginkan. Walaupun hydroquinone mempunyai tingkat efektivitas paling tinggi dan sejarah paling panjang dalam hal penggunaannya yang aman, ada banyak alternatif yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam hal mencerahkan kulit, akan tetapi hasil penelitiannya sangat sedikit dan hasilnya pucat dibandingkan dengan hydroquinone. Sangatlah menarik untuk melihat bahwa bahan-bahan alternatif ini adalah, ironisnya, adalah produk turunan atau derivatif dari hydroquinone. Termasuk didalamnya adalah ekstrak mitracarpus scaber, ekstrak Uva Ursi (bearberry), yang mengandung arbutin, dan berbagai jenis arbutin. Pilihan lainnya adalah berdasarkan beberapa penelitian mengenai kemungkinan kemampuan bahan-bahan berikut ini dalam mencerahkan kulit, kojic acid, licorice extract, azelaic acid, dan vitamin C yang distabilkan. Yang belum disimpulkan dari hydroquinone sebagai alternatif adalah berapa banyak yang dibutuhkan untuk dapat memberikan hasil. Dibandingkan dengan hasil menyeluruh mengenai efek hydroquinone pada kulit manusia, alternatif-alternatif ini mungkin dapat mengecewakan. (Sumber: International Journal of Dermatology, Agustus 2004, halaman 604-607; Journal of Drugs in Dermatology, Juli-Agustus 2004, halaman 377-381; Facial and Plastic Surgery, Februari 2004, halaman 3-9; Dermatologic Surgery, Maret 2004, halaman 385-388; Journal of Bioscience and Bioengineering, Maret 2005, halaman 272-276; dan Journal of Agriculture and Food Chemistry, Februari 2003, halaman 1201-1207.) Yang menarik, hydroquinone bukan saja pahlawan untuk mereka yang mengalami kulit belang akibat matahari ataupun hormon akan tetapi komponen hydroquinone mempunyai potensi antioksidan (Sumber: Journal of Natural Products, November 2002, halaman 1,605-1,611).
  • Perlakukan dengan lembut! Jangan lupa bahwa pembersih dan produk yang lembut yang tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit berperan penting dalam membantu kulit Anda agar terlihat lebih baik. Menggunakan pembersih yang lembut, dan dapat dibersihkan dengan air akan meminimalisir iritasi kulit, mencegah hilangnya kelembaban, dan tidak akan meninggalkan sisa-sisa yang dapat menyumbat kulit Anda. Tidak ada pembersih yang akan mengubah keriput akan tetapi membersihkan dengan lembut dan mengurangi iritasi dan terbakarnya kulit akan membantu proses penyembuhan yang terjadi akibat produk-produk seperti tabir surya dan tretinoin. Untuk lebih detilnya, lihat Bagaimana Memperlakukan Kulit Anda dengan Lembut.
Pelembab yang diformulasikan dengan baik dan canggih (sebaiknya berbentuk serum atau cair jika Anda memiliki kulit normal cenderung berminyak atau kulit yang mudah berjerawat) dapat sangat berguna dalam meningkatkan tekstur kulit, meningkatkan kecemerlangan kulit, dan menciptakan permukaan kulit yang lebih mulus dan kenyal. Gel, krim, serum atau lotion yang mengandung antioksidan, bahan-bahan yang meniru struktur kulit, bahan pengaktif sel, dan anti-iritasi dapat menghasilkan kolagen baru, menciptakan sel kulit sehat, dan mengurangi bahaya lebih lanjut. Pastikan bahwa kemasan produk akan menjaga bahan-bahan yang berguna tersebut tetap stabil begitu produk telah dibuka. Hal ini berarti tube dari bahan yang tidak tembus cahaya atau botol dengan aplikator pompa atau bukaan kecil, dan hindari kemasan bening dan toples dengan jenis apapun.

No comments:

Post a Comment