Tuesday, December 20, 2011

Produk-Produk yang Mengandung Tabir Surya


Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui
  • Tidak ada proses tan (pencoklatan kulit) yang aman, baik yang menggunakan sinar matahari langsung ataupun salon tanning. Bahkan jika Anda menjemur dan mencoklatkan kulit sedikit demi sedikit dan tidak ada bagian kulit yang terbakar, kerusakan yang ditimbulkannya tetap berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. 
  • Radiasi UVB merupakan sinar matahari yang menimbulkan efek terbakar dan memiliki efek yang berbahaya dan segera terlihat pada kulit. Kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UVB terjadi pada menit pertama (ya, 60 detik pertama) begitu Anda berjalan di bawah sinar matahari.
  • Sinar UVA merupakan pembunuh yang tak terdeteksi. Anda tidak akan merasakan merekalah penyebab utama dari kanker kulit dan keriput. (Sinar UVA masuk melalui kaca jendela yang tidak dilindungi oleh pelindung UV.)
  • Bahkan saat berawan atau berkabut, sinar matahari tetap ada dan mempengaruhi kulit.
  • Duduk di tempat teduh atau memakai topi saja hanya melindungi Anda dari sebagian sinar matahari. Selain itu, permukaan dari objek di sekeliling Anda seperti air, semen, dan rumput memantulkan sinar dari tanah ke kulit Anda dan membuat kulit Anda terkenan ekspos dua kali.
  • Ketinggian memperkuat sinar matahari: untuk setiap peningkatan ketinggian 1,000-kaki, potensi sinar matahari meningkat 4%.
  • Menurut FDA, nomor SPF (sunscreen protection factor/faktor pelindung tabir surya) yang tercantum pada sebuah produk menginformasikan Anda berapa lama Anda dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar. Jika biasanya Anda dapat berada di bawah sinar matahari selama 15 menit sebelum kulit Anda memerah, sebuah produk dengan SPF 15 akan membantu Anda agar dapat berada di bawah sinar matahari selama sekitar 3 1/2 jam tanpa membuat kulit Anda terbakar. Jika biasanya Anda dapat berada di bawah sinar matahari selama 10 menit sebelum kulit Anda memerah, sebuah produk dengan SPF 15 akan membantu Anda agar dapat berada di bawah sinar matahari selama sekitar 2 1/2 jam tanpa membuat kulit Anda terbakar. Rumusnya adalah 10 (menit) x 15(SPF) = 150 (menit), atau 2 1/2 jam. Jika Anda berenang atau berkeringat, Anda harus memakai tabir surya yang water resistant (tahan air) yang memberikan perlindungan selama 40 sampai 80 menit, dan kemudian Anda harus mengaplikasikannya kembali untuk mempertahankan tingkat perlindungannya.
  • SPF merupakan hal yang penting, tetapi SPF hanya menggambarkan pengukuran terhadap kulit terbakar (sinar UVB). Sangat berbahaya bagi kulit Anda bila tidak memakai pelindung UVA, dan kenyataannya banyak tabir surya yang tidak mengandung bahan-bahan yang dapat memberikan perlindungan dengan spektrum yang menyeluruh (baik UVA maupun UVB). Tidak ada nomor yang dapat memberitahukan Anda mengenai perlindungan dari radiasi UVA. Untuk mengetahui perlindungan yang bisa Anda dapatkan, Anda harus memeriksa bahan aktif yang dicantumkan untuk mengetahui apakah ada salah satu dari antara zinc oxide, titanium dioxide, avobenzone (yang mungkin juga dicantumkan sebagai Parsol 1789 atau butyl methoxydibenzoylmethane), Mexoryl SX, atau Tinosorb (Mexoryl SX dan Tinosorb hanya tersedia pada produk-produk yang di jual di luar Amerika) yang dicantumkan dalam daftar bahan aktif tabir surya yang Anda gunakan. Jika tidak ada satupun yang tercantum dalam daftar bahan aktifnya, termasuk bila salah satu bahan di atas hanya tercantum pada daftar bahan-bahan reguler atau bahan “lain”/other ingredient berarti Anda belum mengaplikasikan perlindungan terhadap UVA yang cukup untuk kulit Anda.
  • Oxybenzone (juga disebut benzophenone-3), bahan tabir surya yang dapat menyerap UVA terdengar serupa dengan avobenzone, tetapi sebenarnya tidak sama. Ada beberapa bahan tabir surya yang disetujui sebagai pelindung terhadap luka bakar akibat sinar matahari di wilayah Amerika. Walaupun benzophenones dan oxybenzone dapat melindungi terhadap UVA, tetapi mereka tidak se-efektif titanium dioxide, zinc oxide, avobenzone, Mexoryl SX, atau Tinosorb.
  • Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak lagi mengenai masalah perlindungan terhadap UVA vs. UVB: Menurut Skin Therapy Letter yang diterbitkan oleh Divisi Dermatologi di University of British Columbia (vol. 2, no. 5, 1997), "UVA [memiliki kisaran] 315-400 nanometer." Menurut FDA, kisaran UVB mulai dari 280 hingga 315. Berikut ini merupakan daftar bahan pelindung tabir surya beserta kisarannya: "Padimate O, 290-315 nanometer; Benzophenones, 250-350 nanometer; Octyl methoxycinnamate, 290-320 nanometer; Avobenzone, 320-400 nanometer; Oxybenzone 270 hingga 350 nanometer; Titanium dioxide, 290-700 nanometer; dan Zinc oxide, 290-700 nanometer."
  • Tidak ada tabir surya yang sungguh-sungguh “waterproof (anti air)” dan peraturan FDA tahun 2002 mengharuskan perusahaan untuk menghapuskan penggunaan kata tersebut. Akan tetapi, tabir surya yang dapat memenuhi persyaratan yang ketat dari FDA dapat diberi label “water resistant (tahan air),” yang berarti mereka perlu diaplikasikan ulang jika Anda habis berenang atau berkeringat selama lebih dari 40 hingga 80 menit untuk tabir surya yang berlabel "very water resistant (sangat tahan air)."
  • Keterangan angka: SPF 2 menahan sekitar 50% dari sinar UVB; SPF 10 menahan sekitar 85% dari sinar UVB; SPF 15 menahan sekitar 95%; dan SPF 30 menahan 97%. SPF yang lebih tinggi daripada 30 tidak memberikan perlindungan UV yang lebih, ia hanya dapat memberikan perlindungan untuk waktu yang lebih lama.
  • Bahkan jika keterangan SPF yang terdapat pada label tabir surya Anda adalah SPF 50, ia tetap memiliki keterbatasan dan sekitar 3% dari sinar UV tetap dapat menembus kulit Anda (Perhatikan bahwa peraturan FDA yang baru dan belum dipublikasikan menyatakan bahwa tidak ada tabir surya yang diperbolehkan untuk memiliki nilai diatas SPF 30+.), yang mungkin dapat menjelaskan mengapa kulit Anda tetap kemerahan setelah berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang cukup lama walaupun Anda telah memakai tabir surya dengan tebal di kulit Anda.
  • Sebagai peraturan umum, paling baik bila Anda mengaplikasikan tabir surya paling tidak 15 hingga 20 menit sebelum terkena sinar matahari. Hal ini memberikan waktu pada tabir surya untuk terserap dan menyebar ke dalam kulit.
  • Anda harus mengaplikasikan tabir surya berulang kali. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology (Oktober 2002, Volume 138, No 10, halaman m1319-1325) menyatakan bahwa "Para pengguna tabir surya hanya mengaplikasikan sekitar 50 persen dari jumlah yang disarankan, jadi mereka hanya mendapatkan 50 persen dari perlindungan SPF." Karena masalah ini menyangkut pengaplikasian tabir surya secara berulang, maka tabir surya yang mahal bisa jadi berbahaya bagi kesehatan kulit Anda. Masalahnya, seberapa sering Anda akan mengaplikasikan ulang tabir surya dari Lancome yang seharga $32 atau, lebih tidak mungkin lagi, tabir surya dari La Prairie yang seharga $150 untuk 1 ons-nya?
  • Jika Anda sedang menggunakan AHA, BHA, Retin-A, Renova, Differin, atau retinoid oles apapun yang diresepkan, hal tersebut dapat membuat kulit Anda menjadi lebih rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari karena adanya exfoliation pada permukaan kulit dan perubahan (membuang bagian teratas kulit yang rusak akibat sinar matahari) yang disebabkan oleh penggunaan produk tersebut. Informasi ini tidak mempengaruhi Anda yang rajin memakai tabir surya, tetapi jika Anda tidak rajin, kulit Anda beresiko lebih besar terhadap kerusakan dan terbakar akibat sinar matahari, bahkan jika Anda tidak banyak terkena sinar matahari.
  • Jika Anda menggunakan lebih dari satu produk yang mengandung tabir surya, kandungan SPF kedua produk tersebut tidak dapat dijumlahkan untuk mendapatkan satu angka SPF tabir surya. Dengan kata lain, SPF 8 dan SPF 15 tidak dapat dijumlahkan menjadi SPF 23. Walaupun Anda mendapatkan tambahan nilai SPF sebagai perlindungan, tidak dapat diketahui seberapa banyak peningkatan perlindungan tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan perlindungan dari SPF 30, maka itulah angka yang harus Anda cari dalam sebuah produk.
  • Kulit terbakar sinar matahari sudah cukup buruk, tetapi yang tidak Anda ketahui adalah ia terus berkembang selama 12 hingga 24 jam setelah terbakar! Rawatlah luka bakar tersebut seperti Anda merawat luka bakar manapun. Jangan tutupi dengan salep yang tebal (pelembab yang tebal adalah yang terburuk). Hal ini akan memerangkap panas dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Tempelkankan sesuatu yang sejuk (tidak dingin atau ber-es) seperti air atau aloe vera murni dengan segera (jangan berikan es secara langsung pada kulit—terlalu dingin dan dapat menyebabkan jenis luka bakar yang lain). Jadi teruslah mengaplikasikan air yang sejuk atau aloe vera murni selama beberapa jam. Anda juga dapat menggunakan obat anti-bengkak yang dijual bebas, seperti aspirin, untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Jika Anda merasa tidak yakin harus menggunakan apa, konsultasikanlah dengan dokter Anda.
  • Jika Anda memiliki bayi atau anak kecil, perlindungan tabir surya harus menjadi perhatian utama Anda. Kulit lembut mereka lebih sensitif terhadap kekuatan sinar matahari yang merusak. Semua formula tabir surya yang memiliki SPF diatur secara ketat oleh FDA; formulasi tabir surya tidak berbeda hanya karena target usia penggunanya. Jangan hanya tertarik oleh kemasannya yang bagus, Anda harus lebih memperhatikan apakah produk tersebut mengandung bahan-bahan yang dapat melindungi dari sinar UVA, seperti avobenzone, titanium dioxide, zinc oxide, Mexoryl SX, atau Tinosorb. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perlindungan dari sinar matahari untuk anak kecil, lihat Bagian Perawatan Kulit Bayi.
  • Jika Anda mencari tabir surya yang tidak menyebabkan iritasi untuk anak Anda atau untuk Anda sendiri, pilihlah yang hanya mengandung titanium dioxide dan/atau zinc oxide murni sebagai bahan aktifnya (Anda dapat menggunakan Pure Mineral Sunscreen dari Paula's Choice, atau ada juga pilihan lain yang tersedia di toko obat dan pusat perbelanjaan). Bahan-bahan non-kimiawi ini jelas lebih aman daripada bahan tabir surya yang lainnya.
  • Jika Anda sungguh ingin mendapatkan kulit yang tan, satu-satunya cara aman untuk melakukannya adalah dengan menggunakan produk-produk self-tanning seperti Almost the Real Thing Self-Tanning Gel Paula's Choice atau pilihan lainnya yang banyak tersedia di toko obat, mulai dari Neutrogena hingga Coppertone. Anda juga bisa menggunakan kotak self-tanning yang banyak ditawarkan oleh salon tan (seperti Mystic Tan®) yang menyemprotkan lapisan self-tanner secara merata mulai dari kepala hingga ujung kaki. Hasilnya bisa sangat mengagumkan, dengan asumsi bahwa Anda mengikuti semua pengarahan sebelum penyemprotan.

No comments:

Post a Comment