Tuesday, December 20, 2011

Merawat Bagian Kulit yang Normal Cenderung Kering dan Sangat Kering Pada Kulit Kombinasi


  • Seperti dijelaskan di atas untuk merawat area yang berminyak, Anda dapat menggunakan produk yang mengandung BHA, bahkan bila kulit Anda tidak bernoda dan/atau berkomedo. Perbedaannya adalah untuk area-area yang lebih kering, Anda dapat memilih produk BHA yang berbentuk lotion atau cream. Mulailah dengan konsentrasi 1% dan tingkatkan bila diperlukan (terutama pada musim panas). Bila muncul noda di area yang kering, Anda harus menggunakan produk yang mengandung BHA. Mulailah dengan konsentrasi salicylic acid 1% dan dan tingkatkan menjadi 2% bila diperlukan.
  • Bila noda dan komedo tidak menjadi masalah pada wajah Anda, produk-produk yang mengandung AHA yang terformulasi dengan baik dapat digunakan di seluruh wajah atau hanya di area yang lebih kering. Untuk penggunaan diseluruh wajah, pilih AHA berbentuk gel yang mengandung paling sedikit 8% Glycolic acid. Untuk penggunaan di area yang kering, Anda dapat memilih produk AHA yang berbahan dasar lotion atau cream. Baik produk-produk AHA maupun BHA sangat baik untuk memperbaiki penampilan dan tekstur kulit yang rusak karena sinar matahari dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru.
  • Toner yang melembutkan dan melembabkan dapat dipergunakan setelah membersihkan wajah untuk menguatkan penghalang lemak di kulit dan meningkatkan kelembaban sebelum menggunakan serum atau pelembab. Aplikasikan produk berikutnya ketika kulit masih lembab oleh toner.
  • Karena mengaplikasikan dua jenis tabir surya yang berbeda dapat menyulitkan, lebih baik menggunakan foundation yang mengandung tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Hasil akhirnya pada area wajah Anda yang berminyak akan matte. Hasil matte tersebut dapat memperparah kondisi area kulit yang kering, sehingga sangat penting untuk menggunakan serum atau pelembab sebelum menggunakan foundation. Untuk alasan yang sudah jelas, jangan aplikasikan serum ataupun pelembab tersebut di area yang berminyak.
  • Pilih pelembab yang mengandung banyak antioksidan, bahan-bahan pengikat air, bahan-bahan yang dapat melembutkan kulit, dan bahan-bahan yang menyerupai struktur dan fungsi kulit yang sehat. Pastikan produk yang Anda beli dikemas dalam wadah yang kedap udara dan padat (tidak menggunakan toples) untuk menjaga agar antioksidan tersebut stabil.
  • Produk berjenis serum akan sangat membantu area kulit Anda yang kering untuk terlihat dan terasa lebih baik. Penggunaan serum disertai dengan pelembab yang melembutkan kulit akan sangat menolong kulit yang sangat kering.
  • Gunakan masker pelembab wajah (moisturizing facial mask) sesuai yang Anda perlukan. Pastikan masker tersebut mengandung beberapa bahan yang bersifat melembutkan (seperti minyak nabati dan minyak dari kacang-kacangan) dan diamkan pada area kulit yang kering selama semalaman.
  • Bila area mata Anda merupakan bagian paling kering dari wajah, Anda butuh cream atau serum yang lebih kaya dibanding yang diperlukan oleh area wajah Anda yang memiliki kondisi normal cenderung kering. Aplikasikan sedikit dan biarkan selama beberapa saat agar menyerap sebelum menggunakan makeup. Pada malam hari, Anda dapat menggunakan pelembab wajah yang biasa Anda pakai ke area mata dan diikuti dengan lapisan tipis minyak zaitun, evening primrose, atau borage (semuanya merupakan bahan yang melembutkan sekaligus antioksidan kuat).
  • Bila pada area yang kering terdapat noda, gunakan produk Benzoyl peroxide 2.5% yang berbahan dasar lotion. Bila tidak terjadi perubahan apapun pada noda tersebut, ganti dengan produk yang mengandung Benzoyl peroxide 5%. Bila Anda alergi terhadap (atau kulit Anda tidak dapat mentoleransi) Benzoyl peroxide, pertimbangkan untuk menggunakan salep yang diresepkan seperti cream clindamycin, erythromycin, tetracycline, atau Differin (adapalene).
  • Bila warna kulit Anda tidak merata dan hal ini disebabkan oleh sinar matahari atau hormon, pilih produk pencerah kulit yang berbahan dasar lotion atau cream yang mengandung hydroquinone 2% dan gunakan paling sedikit sekali sehari ke area yang berwarna berbeda.
Untuk penelitian dan studi yang mendukung artikel ini, lihat Kamus Komposisi dan Bahan-Bahan dan lihat bahan-bahan spesifik (seperti alpha hydroxy acid, salicylic acid, tretinoin, benzoyl peroxide, antioxidant, cell-communicating ingredients, dll.)

No comments:

Post a Comment