Tuesday, December 20, 2011

Lingkaran Hitam


Masalah: Saya memiliki lingkaran hitam yang kian hari semakin bertambah buruk! Apa yang dapat saya lakukan untuk membuat concealer saya bertahan?

Solusi: Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh beberapa faktor, dan setiap faktornya harus dihadapi dengan cara yang berbeda-beda. Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, vena dan pembuluh kapiler yang terlihat di permukaan kulit, iritasi, dan pigmen gelap alami yang dapat muncul di area ini. Mereka juga mungkin merupakan hasil dari bayangan alami yang jatuh di area mata, membuat area tersebut terlihat lebih gelap. Selain itu, lingkaran hitam bisa jadi merupakan hasil dari kulit yang kering sehingga membuat area tersebut terlihat tidak segar dan lelah.
Pastikanlah Anda menggunakan pelembab yang ringan (pelembab yang berbahan dasar gel atau silikon adalah yang paling baik untuk ini) di bagian bawah mata; menggunakan pelembab terlalu banyak atau yang terlalu berat dapat membuat concealer Anda luntur. Gunakanlah selalu tabir surya atau kacamata hitam, yang dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari yang merangsang munculnya pigmentasi kehitaman.
Concealer Matte (dan bukan yang terlalu creamy atau berminyak) adalah yang terbaik untuk menutupi bayangan alami atau pigmentasi kehitaman karena mereka cenderung bertahan lebih lama dan tidak luntur. Contohnya termasuk Revlon ColorStay Concealer (US$8.99), Maybelline Great Wear Concealer (US$4.99), Paula's Choice No Slip Concealer (US$8.95) dan Elizabeth Arden Flawless Finish Concealer (US$14). Warna concealer harus cukup muda untuk menutupi lingkaran hitam, tetapi tidak terlalu muda sampai membuatnya terkesan seperti masker putih di sekeliling mata. Hindarilah menggunakan pensil mata yang berminyak dan jauhilah maskara yang dapat luntur karena justru akan membuat masalah menjadi semakin buruk. Gunakan sedikit bedak di bawah garis bulu mata bawah atau jangan gunakan eye liner sama sekali.

Bila Anda memiliki alergi, pertimbangkanlah untuk menggunakan antihistamine/antihistamin. Walaupun tidak umum, alergi makanan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, tetapi hal ini harus dikonfirmasi dengan ahli alergi terlebih dahulu. Polusi di wilayah perkotaan juga dapat masuk ke dalam mata Anda, jadi Anda sebaiknya menggunakan filter udara di rumah atau kantor Anda.
Bila semua ini tak berhasil, Anda dapat mempertimbangkan perawatan laser untuk menipiskan (dan dalam beberapa kejadian menghilangkan) warna kehitaman di sekeliling mata. Produk-produk pencerah kulit tradisional tidak memiliki efek apapun pada lingkaran hitam kecuali bila penyebab terjadinya lingkaran hitam tersebut adalah kerusakan akibat terkena sinar matahari.

No comments:

Post a Comment